Senin, 06 Februari 2012

Air Terjun Sendang Gile

DESA SENARU - Saat ini saya sedang traveling ke pulau lombok. Pulau kecil yang kaya potensi wisata. dari pantai, gunung hingga air terjun. dan  teman sekaligus tour guide saya, mas Arie, mereferesikan untuk mengunjungi air terjun yang terletak di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sendang Gile dan Tiu Kelep. Tapi saya hanya mengunjungi air terjun Sendang Gile



Menurut informasi yang saya terima, mengapa air terjun ini dinamakan Sendang Gile karena konon katanya penduduk setempat secara tidak sengaja menemukan air terjun ini saat memburu singa yang mengacau di sebuah kampung dan kemudian lari masuk ke hutan. entah karena terpukau dengan keindahan air terjunnya atau singa tersebut menggila karena air terjunnya. Tapi itulah air terjun yang berada di kaki Gunung Rinjani ini. Saya mengisi waktu di sore hari ini setelah tiba di desa Senaru sebelum melanjutkan mendaki ke gunung Rinjani. 

Jika anda ingin melihat air terjun yang lebih hebat lagi, silahkan lanjutkan perjalanan  anda menyusuri jalan kecil, jembatan unik dan sungai kecil untuk menuju ke air terjun Tiu Kelep. Anda akan terpesona dengan keindahan air terjun ini. Tapi belum ada jalur tracking menuju Air Terjun Tiu Kelep dan juga anda bisa menyusuri terowongan yang dialiri air yang unik dan dingin. masih perawan bow... Sayangnya saya hanya bisa mendengar cerita itu saja karena waktu yang kurang lama. 

Pastikan anda jangan lupa untuk membawa baju ganti. pasti akan basah yaa...!!!

Jika anda ingin berkunjung ke air terjun ini jangan ragu untuk menggunakan jasa pemandu wisata agar tidak tersasar. Tapi untuk menuju air terjun Sendang Gile memang sudah tersedia jalur trackingnya. untuk biaya jasa yang ditawarkan, anda masih bisa menawarnya kok. tapi jangan afganisme ya gan a.k.a sadis...!!!! 

Air Terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter dan terletak di ketinggian 600m di atas permukaan laut, Air Terjun ini muncul dari tebing dan jatuh ke sungai yang ada di bawahnya. Dasarnya relatif datar, sehingga banyak orang yang mandi di bawah air terjun ini. Termasuk saya diantaranya. Tidak banyak pengunjung yang saya lihat selama berada di air terjun Sendang Gile ini, maklum pendakian umum baru dibuka awal bulan April ini. jadi masih sepi. Tapi ada satu atau dua orang pengunjung yang saya temui diantaranya turis asing. dan mereka ingin mendaki gunung Rinjani sebagai tujuan utamanya. 



Air Terjun Sendang Gile... Ajib!!!



Berada di air terjun Sendang Gile ini memberikan suasana relaks dan damai bagi diri saya.  Nyaman. Saya cukup jenuh dengan hangar-bingar ibukota Jakarta dengan berada di sini rasanya plong tidak terkira. Pemandangan yang indah dan mengagumkan, serta udaranya yang segar, mampu membawa saya seperti berada di langit ketujuh untuk menghilangkan kepenatan di kepala saya



Selain itu, ada hal menarik lainnya yang saya terima dan membuat lokasi ini berbeda. Para penduduk setempat mempercayai bahwa air pada lokasi ini memiliki unsur magis yang bisa membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usianya. 

Untuk informasi anda, apabila ingin menuju lokasi air terjun Sendang Gile di desa Senaru ini diperlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam dengan kendaraan roda empat dari pusat kota Mataram atau Bandara Selaparang. Serta tidak ada kendaraan umum yang menuju langsung ke lokasi. Karenanya, para wisatawan biasanya menyewa kendaraan di rental-rental mobil yang banyak ditemukan di pusat kota (Mataram atau Cakranegara). Saya menyewa mobil Avanza sekitar Rp.300,000,- dan ini harga teman yah. 

Untuk mencapai air terjun, saya harus berjalan kaki menuruni 315 anak tangga melalui sebuah lembah yang membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Air yang sangat bersih di sepanjang track membuat saya rasanya ingin mandi. dan jangan salah, kalau penduduk desa Senaru ini menjadikan aliran air yang bersih sebagai sumber utama mereka. mencuci bahkan mandi di alam terbuka. WOW.  tidak hanya anak-anak yang menikmati aliran air yang segar ini. orang dewasa juga lho. jadi sepanjang perjalanan, ada beberpa orang dewasa yang mandi. hehehehe... Pornografi berlaku gak yah ? tapi inilah yang terjadi di desa Senaru ini. 



Saya mandi di bawah aliran air terjun Sendang Gile, terlihat difraksi pelangi di sekitar air terjun tersebut. cantik.  Batu-batuan yang tidak tajam sehingga memudahkan saya untuk mandi di bawah air terjun. Segar tiada terkira. rasanya ingin selamanya berada di air terjun ini. 

Sungguh tempat yang sangat menyenangkan dan menenangkan. Hanya mendengarkan aliran dan desiran air terjun membuat saya sudah seperti di rumah. Hommy..




With Leisure


Mks
Air Terjun Sendang Gile, April 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar