Kamis, 09 Februari 2012

SURAMADU..icon Surabaya


SURABAYA  - Ini merupakan kunjungan saya untuk pertama kalinya ke kota pahlawan ini. dan saya habiskan untuk berlibur. Awalnya akan saya habiskan mengunjungi gunung Bromo, tapi gagal menjelang waktu liburannya. Alhasil tiket yang sudah dibooking tidak mungkin dibatalkan. Ke gunung Bromo nya gagal tapi tiket Jakarta-Surabaya akhirnya saya ambil juga. At least, travelling tidak harus sesuai dengan rencana kita. kemungkinan akan ada cerita lain, pasti itu akan ada. Saya menikmati itu. Dan saya mengunjungi sebuah icon kota Surabaya ini ditemani oleh ajudan om saya yang dinas di Surabaya, Wahyu. dan dialah yang menjadi tour guide saya selama di jawa timur ini. dengan mengendarai motor, wahyu memacu kencang sepeda motornya menuju Jembatan Suramadu ini. Dengan membayar tiket masuk tol Rp.3,000,- saya sudah bisa melintasi jembatan ini dalam waktu kurang dari 30 menit. 




Untuk informasi anda, kalau jembatan Suramadu merupakan jembatan yang menghubungkan pulau Jawa dengan pulau Madura sepanjang 5.438 meter. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah. Selama pembangunan jembatan ini melibatkan lebih dari 2.500 pekerja. Pihak dari Cina sebagai pemberi pinjaman sekaligus kontraktor memberikan jaminan 100 tahun dari segi desain Jembatan Suramadu.

Jembatan Suramadu diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada 10 Juni 2009. Dalam kesempatan itu SBY berpesan kepada Gubernur Jatim agar pembangunan Jembatan Suramadu ini bisa meningkatkan pembangunan di Jawa Timur. Acara peresmian dilaksanakan di kaki jembatan sisi Pulau Madura, di desa Sukolilo Barat, kecamatan Labang, kabupaten Bangkalan, Madura.

Pada tanggal 13 Juni 2009 pukul 13.00, PT. Jasa Marga mulai membuka jalur tol Jembatan Suramadu bagi masyarakat umum. Masa uji coba dicanangkan selama tiga hari hingga tanggal 17 Juni 2009. Selama masa itu masyarakat yang melintas tidak dikenakan biaya tol. Berbeda dengan konsep jalan tol lainnya, maka di Jembatan Suramadu sepeda motor diperbolehkan melintasi jalur tol ini. Namun demikian PT. Jasa Marga menerapkan peraturan sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas, antara lain yaitu pengendara sepeda motor maksimal 2 orang dan wajib mengenakan helm pengaman.

Untuk informasi anda bahwa tarif Tol Jembatan Suramadu, sesudah masa uji coba berakhir maka pihak pengelola PT. Jasa Marga akan memberlakukan tarif tol sesuai dengan SK Menteri Pekerjaan Umum Nomor 395/Kpts/m/2009 tanggal 10 Juni 2009, sbb :
Tarif Kendaraan Golongan I (Sedan, Jip, Pikap, Bus, atau Angk. Umum)      Rp. 30.000;
Tarif Kendaraan Golongan II (Truk dengan dua gardan)                                      Rp. 45.000;
Tarif Kendaraan Golongan III (Truk dengan tiga gardan)                                    Rp. 60.000;
Tarif Kendaraan Golongan IV (Truk dengan empat gardan)                               Rp. 75.000;
Tarif Kendaraan Golongan V (Truk dengan lima gardan atau lebih)                Rp. 90.000;
Sementara tarif tol untuk Sepeda Motor                                                                      Rp. 3.000;

Semakin malam, jembatan Suramadu semakin terlihat indah. Di pilar jembatan utamanya, akan ada lampu yang menyala dan akan berganti-ganti warna. Keren. Berhenti di tengah jalan sesuatu yang dilarang selama meintasi jembatan Suramadu ini. Bukan karena membahayakan keselamatan pengendara itu sendiri juga bisa mengganggu pengendara lainnya. Tapi berhubung sampai di jembatan Suramadu ini sudah pukul 10 malam, dan kondisi jalan tol untuk motornya sepi, wahyu memberhentikan sejenak motornya. Wahyu memberikan kesempatan saya untuk mengabadikan moment untuk berphoto. Jepret..jepret.. Awesome..!!!. 

Bagi anda yang baru pertama kali mengunjungi ke kota pahlawan ini, tidak ada salahnya melintasi jembatan Suramadu. tapi tidak boleh berhenti yah...kalau tidak ingin ditilang oleh Pihak Jasa Marga selaku pengelola jembatan Suramadu. 




With Leisure


MKS
Agustus 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar