Rabu, 08 Februari 2012

Wisata Pantai di Galesong Takalar

MAKASAR, Desember 2011 - Cuaca sangat tidak bersahabat ketika saya dan keluarga besar menghabiskan waktu liburan Natal di kota Makasar tahun 2011 ini. Rencana di awal yang ingin ke berbagai tempat wisata akhirnya gagal. Hujan hampir seharian dan inilah yang menghambat waktu liburan saya dan keluarga. Ah...kampret..!!!. Namun, saya tidak menginginkan liburan kali ini hanya berdiam diri di dalam rumah. Bete dan rugi. Sebagai orang yang ditunjuk sebagai kepala urusan liburan,  saya mencarikan alternatif tempat liburan yang posisinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Makasar dan layak untuk dikunjungi. Pilihan itu akhirnya jatuh ke pantai Galesong. Menikmati wisata pantai di Galesong di kawasan Takalar, Sulawesi Selatan. Jarak tempuh kurang lebih 1,5 jam dari rumah saudara saya yang beralamat di Jl.Hertasning, Gowa. Dengan menyewa 1 buah mobil dan dipenuhi dengan seluruh anggota keluarga saya yang berjumlah 11 orang plus seorang supir. Satu orang saudara ipar saya tidak bisa ikut karena tidak mendapatkan libur ataupun cuti dari kantornya. Cukup sesak karena perbandingan antara dewasa dan anak-anak cukup berimbang.hehehe...



Begitu saya sudah sampai di areal parkir pantai Galesong, saya harus membayar tiket masuk sekitar Rp. 30.000,-/orang. Tempat rekreasi ini dikelola oleh swasta terlihat dengan adanya bangunan yang cukup bagus dengan penginapan didalamnya, kolam renang, juga fasilitas pendukungnya seperti outbound. Bangunan bergaya klasik terlihat begitu saya masuk ke pintu masuk tempat rekreasi ini dan juga sebagai tempat menginap. fasilitas penginapan dengan harga 300 rb s/d 600 rb / malam. Sungguh menjadi tempat yang cukup menyenangkan buat tempat hang out anak muda. Selain karena dilengkapi fasilitas kafe yang view nya menghadap ke laut. Akh.. Romatis. Untuk informasi, pengelola pantai Galesong baru dirintis oleh satu pihak saja. Jadi jangan heran jika di samping kanan kiri penginapan ini, lahan kosong masih tersedia. Anda berminat mengelola? patut untuk dipertimbangkan bagi anda yang memiliki dana lebih. 

Begitu melewati pintu masuk dan menuju tepi pantai, anda akan disuguhkan dengan kolam renang yang berada di tengah dengan gajebo-gajebo kecil berada di pinggirnya plus pemandangan pantai nan indah. Pantai berpasir hitam. Cantik. Gaya klasik semakin terlihat karena banyak patung terlihat di sudut-sudut tidak jauh dari kolam renang. Pantai Galesong ini sudah dibangun dengan konsep taman bermain, sehingga kita tidak hanya disuguhi pemandangan pantai yang indah saja, tetapi sudah ada beberapa wahana permainan yang bisa kita nikmati. terdapat juga penyewaan ATV ataupun sport water, seperti  Banana Boat, Flying Fish, Jet sky. Namun sekali lagi, saya tidak bisa menikmati itu. Cuaca yang buruk beberapa hari, sehingga water sport tidak tersedia. ah...kampret..!!!. 


Sebagai Seorang beach catcher, saya cukup menikmati dengan suasana pantai Galesong. Tidak terlalu panas dan cukup berangin. Saya tidak ingin bermain air di pantai Galesong, hal ini dikarenakan air lautnya tidak terlihat bersih. Kondisi pantai berpasir hitam seolah-olah menjadikan pantai Galesong terlihat kotor. Saya berjalan di pinggir pantai Galesong, dan saya cukup sedih melihatnya. Kondisi pantai yang tidak terawat walaupun hanya berjalan 10 meter dari penginapan tadi. Ironis. tidak dikelolanya secara maksimal seluruh bibir pantai menjadikan pantai Galesong terlihat dari banyaknya sampah-sampah plastik, kayu ataupun batu-batuan yang hancur karena abrasi gelombang laut.  

 Rusak karena Abrasi Gelombang Laut

Namun, saya cukup senang dengan liburan bersama kali ini. Komplit dan saya bisa melihat ekspresi keponakan saya yang menikmati bermain air di pantai Galesong ini. Selain keponakan saya yang bermain pasir di pinggir pantai Galesong, juga banyak pengunjung lainnya yang bermain disana. Ada yang bermain bola kaki ataupun menimbun tubuhnya dengan pasir. hehehe....

Semoga untuk kedepannya pihak swasta ataupun pemerintah daerah dapat mengembangkan wisata bahari terutama di pantai Galesong agar bisa bersolek lebih baik lagi. 

Ah, ..sayangnya saya tidak bisa menikmati sunset di pantai Galesong karena harus pulang, kembali ke Jakarta di malam hari ini. Sedih. 

Canda Gurau Keponakan saya..


With Leisure



MKS
Pantai Galesong, Desember 2011 

4 komentar:

  1. numpang nanya mas, klo misal mo nginap di penginapannya..ntar buat fasilitas yg ada di dlm resort apa aja yg harus bayar dan yg tdk sebagai tamu hotel.. trus klo gk nginap atau hanya berkunjung doang tarif buat semua fasilitas berapa aja? thx ya buat infonya.

    BalasHapus
  2. fasilitas utk yg menginap/tidak hampir sama,yakni ada kolam renang, dan outbound.tiket masuk yg tdk mau menginap itu Rp.30,000/org.kalau ingin mencoba ATV, harus menyewa rp.5000-10000 per sekali putaran :D

    BalasHapus
  3. Permisii !! sy mau b'tanyaa...
    biaya penyewaan kmar dlm semalam apakah sudah t'msuk dgn biaya mkn????

    BalasHapus