Selasa, 07 Februari 2012

Danau Beratan..quiet Lake and multiculture

BALI  -  Pulau seribu pura ya disini tempatnya.  Untuk saat ini, saya akan berkeliling di kawasan Tabanan, Bali. Liburan ke pulau dewata, Bali, tidak lengkap rasanya jika saya belum mengunjungi Kawasan Bedugul. Kawasan yang merupakan ciri khas Tabanan dengan menawarkan keindahan alam pegunungan dan danau. Suasana yang dingin dan jauh dari hiruk pikuk dan hingar bingar aktifitas manusia seperti kawasan Kuta. Kawasan ini menjadi lokasi favorit bagi pengunjung bukan hanya karena pemandangannya yang indah, tapi juga hawanya yang sejuk khas suasana dataran tinggi. Uniknya, kawasan Bedugul tidak hanya memiliki satu objek wisata saja, tapi ada beberapa yang sayang untuk saya lewatkan setelah hari sebelumnya mengitari pantai-pantai di kawasan Pecatu. 

Mobil yang saya sewa dengan Beli Gusde [@transportdibali] langsung melaju kencang menuju kawasan Tabanan. Dengan menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 90 menit atau jarak sejauh 61 km dengan trek jalan yang mulus membuat saya tertidur di dalam mobil. serta didukung dengan cuaca cukup bersahabat. Cerah di pagi hari ini. 


Tunggu apa lagi? Pesona alam Kawasan Bedugul menantikan saya untuk dikunjungi. agh...senangnya. 

Akhirnya saya tiba di kawasan Bedugul yang memberikan suasana dingin. Gerimis kecil tumpah saat saya menginjakan kaki di check point pertama di Bedugul. Danau Beratan. Saya membeli tiket masuk danau Beratan yang cukup terjangkau Rp.7,000,-. Perjalanan jauh seketika hilang saat saya menyaksikan hamparan danau yang indah dengan pura Ulun Danu. Pura yang berada di tengah danau yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Sejenak saya cukup terkesima dengan toleransi beragama di kawasan Bedugul ini. Terdapatnya sebuah Candi Budha berupa stupa setinggi sekitar lima meter yang dikelilingi empat patung Budha di bagian bawah serta berdirinya sebuah masjid sehingga nuansa multikultur semakin terasa. Ini yang membuat Bedugul benar-benar berbeda..!. Hal ini menandakan bagaimana multikulturalisme itu berjalan di Bali sejak dulu.  

Atas saran beli Gusde, kurang lengkap jika sudah berada di danau Beratan ini kalau tidak menyewa perahu untuk menikmati pemandangan langsung dari tengah danau. Selain  itu terdapatnya sebuah villa mewah yang tidak diperuntukkan bagi umum sehingga memberikan kesan eksklusif kawasan ini. Bedugul Wana Villas Bali

Dengan membayar Rp.20,000,- karena mendapatkan harga diskon saya bisa naik speedboat berkeliling Danau Beratan selama 30 menit. dan mendapatkan kesempatan langka juga. Saya diperbolehkan berhenti dan berkeliling di Villa mewah, Bedugul Wana Villas. Villa yang saat ini terlihat kosong karena penghuninya sedang tidak berada di Bedugul, hal ini lah yang menjadikan kesempatan baik untuk saya. Awesome...!!!. Terlihat eksklusif dengan bangunan yang penuh dengan patung khas Bali berdiri tegak disana. Sepi. terkesan angker dan serem karena sepertinya villa ini tidak diurus cukup lama. Banyak bagian villa yang sudah rusak termasuk dermaganya. 

Ada sekitar 15 menit, saya berkeliling dan mengabadikan moment yang sangat jarang bisa saya dapatkan lagi. Hore....!!!

Pose dulu ya....!! di Bedugul Wana Villas Bali


Setelah waktu dirasakan cukup dan gerimis mulai dirasakan turun, saya kembali ke speedboat untuk berlabuh ke pinggir lagi. What a great short trip di danau Beratan ini. 




With Leisure




Mks
Danau Beratan, Maret 2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar