Selasa, 07 Februari 2012

Penghuni Gunung Rinjani



RINJANI - Keindahan gunung Rinjani sudah tidak bisa disangkal lagi. Bahkan banyak diakui oleh wisatawan asing. Mereka tidak segan-segan untuk mendaki  gunung Rinjani yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Bukan hanya   gunung favorit bagi pendaki baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik karena keindahan pemandangannya tapi juga karena keunikannya yang bisa dilihat. Gunung yang memiliki kaldera dengan luas sekitar 3.500 m × 4.800 m, serta memanjang kearah timur dan barat dan di tengahnya terdapat danau Segara Anak dengan luas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. 


Ada yang menarik dari pendakian saya saat ini. Ada seekor anjing putih yang mengikuti para pendaki dari pintu Taman Nasional Gunung Rinjani hingga pelawangan Senaru. Anjing tersebut cukup jinak walaupun baru pertama kali dikenalnya. Seringnya silih berganti pendaki gunung Rinjani naik turun, menjadikan anjing ini akrab dengan keberadaan manusia. Siapapun mereka. 


Konon, anjing ini menjaga para pendaki dari gangguan hewan-hewan liar di gunung Rinjani terutama monyet. Banyak monyet bisa ditemukan di atas gunung Rinjani terutama di dekat pos-pos istirahat. Bagi anda, jangan sampai melepaskan pandangan anda terhadap barang bawaan anda. Lengah sedikit pasti akan diambil. Jumlah monyet tidak cuma satu. Biasanya monyet-monyet tersebut akan melihat kondisi di pos istirahat. memastikan kalau pendaki memberikan makanan ke mereka. tidak segan mereka mendekati pendaki sekedar untuk mengemis makanan. hehehe. 


salah satu Monyetnya. kayaknya sudah tua...!LOL


Tapi para pendaki tidak akan pernah khawatir dengan keselamatan mereka terutama dengan monyet. selama di pos tersebut ada anjing, monyet-monyet tersebut tidak akan berani mendekati camp anda. Jadi Aman. biasanya, kalau sudah menjelang sore, monyet tersebut akan kembali masuk ke hutan dan menjauhi camp atau pos istirahat. dan hewan berikutnya yang perlu diwaspadai adalah babi hutan. Saat saya berada disana, tidak ditemukan tapi menurut potter saya, babi hutan ada juga di gunung Rinjani. dan sekali lagi, anda tidak perlu khawatir. Keberadaan anjing-anjing gunung ini sangat menolong dari gangguan hewan-hewan liar di gunung Rinjani. Anjing-anjing ini akan tidur serta berjaga dan berada tidak jauh dari camp atau pos istirahat. Aman.

Selama Anda tidak mengganggu hewan-hewan hutan dan menjaga kelestariannya, Alam akan menjaga anda juga. 
Save World with Peace and Peacefull will Surround you


With Leisure, 



Mks
Gunung Rinjani, April 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar