Selasa, 24 Januari 2012

Wahana Indoor..Trans Studio Makasar

TRANS STUDIO MAKASAR. Sebuah wahana hiburan indoor pertama di Indonesia. bukan di pulau Jawa tetapi di wilayah timur Indonesia. Makasar, Sulawesi Selatan. Trans Studio Makasar dibangun seluas 12,7 hektare dan berada di wilayah Tanjung Bunga, Makasar. Kawasan reklamasi baru di pesisir selatan kota Makasar. Sebuah inovasi theme park baru yang inovatif terutama di Indonesia. Sebuah theme park yang menyerupai Dunia Fantasi (Dufan) di Jakarta atau pun Universal Studio Singapore (USS). namun bukan outdoor.  Trans Studio Makasar menyajikan theme Park 21 wahana permainan dan bermacam bentuk hiburan yang terdapat dalam 4 kawasan dengan tema yang berbeda dan unik. Berbeda sedikit dibandingkan dengan Trans Studio Bandung yang baru dibuka tahun 2011.


Ini kunjungan saya yang pertama ke sebuah theme park apalagi diluar pulau Jawa. Lokasi yang tidak jauh dari pusat kota Makasar, cukup membantu saya menuju theme park ini. Selain lokasi yang strategis, TSM juga berada dalam satu kawasan Trans Studio Mall membuat saya berdecak kagum. Theme park dalam mall. 

Sebelum menuju Trans Studio, saya memasuki Trans Studio Mall terlebih dahulu. Disini terdapat toko ataupun butik-butik dari brand-brand ternama luar negeri seperti Hugo boss, Prada, Aigner hingga toko serba ada Carrefour. Ada di Trans Studio Mall ini. 

Tapi Sayangnya, untuk menikmati wahana hiburan indoor ini tidak murah. Apalagi untuk keluarga yang membawa anggota keluarga yang banyak. bisa tekor. Anak usia 2 tahun sudah dihitung sama seperti orang dewasa. Harga pun selangit, Rp.170,000 saja per orang untuk hari biasa. karena saya datang saat ada special show yakni pertunjukan Kungfu, maka tiket masuk menjadi Rp.185,000. jadi bisa dihitung berapa banyak uang yang harus disediakan untuk menikmati wahana indoor ini. Sekedar informasi, saat saya ke trans studio, pembayaran hanya bisa cash ataupun kartu debit (baru bank Mega) dan kartu kredit. Untuk BCA belum tersedia. sungguh disayangkan. 


Selain itu, masing-masing pengunjung yang sudah membeli tiket, akan mendapatkan ticket pass yang berbentuk seperti kartu ATM/Debit/Credit card dan bisa digunakan sebagai kartu belanja di dalam theme park atau kartu e-toll tapi hanya berlaku di jalan tol Makasar. tapi dengan catatan harus melakukan pengisian ulang atau refill di kasir-kasir yang tersedia di dalam theme park. Ticket pass tersebut berlaku seperti tiket terusan untuk semua wahana. 


Itupun hanya untuk tiket masuk plus mendapatkan potongan free meal senilai Rp.20,000. Sedangkan harga mealnya Rp.25,000. jadi yah, saya harus menambahkan lagi. dan apabila ingin ke Trans Studio, jangan mengharapkan untuk bisa membawa makanan dari luar ya. mubajir karena akan ditahan dan dianjurkan untuk disimpan di loker. jadi rugi, kalau membawanya. 


Berbeda dengan Dufan. Mungkin alasanya yang lebih masuk akal adalah untuk menghindari tumpukan sampah dari pengunjung theme park

Trans Studio memiliki kerjasama dengan beberapa bank untuk mendapatkan potongan  harga ataupun diskon tapi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Kerjasama yang saya lihat saat itu seperti dengan Bank Mega (pastinya karena satu grup), ataupun BRI. Selain dengan bank, juga ada kerjasama dengan maskapai penerbangan, Merpati


Dan saya menggunakan privileges ini. Cukup dengan menunjukkan tanda boarding pass untuk menunjukkan kalau terbang dengan Merpati dan waktu penerbangannya tidak melebihi 1 minggu, maka akan mendapatkan potongan harga senilai Rp.10,000.. Lumayan...

Untuk jumlah wahana yang ada di Trans Studio Makasar lebih sedikit dibandingkan dengan Trans Studio Bandung. Trans Studio Bandung baru dibuka untuk umum  sekitar tahun 2011 ini.

Begitu masuk akan merasakan atmosfir seperti suasana di Broadway. kanan kiri, akan terlihat etalase toko souvenir atau pun bioskop kecil yang tidak memakan tempat banyak. dan kemudian berjalan beberapa meter, akan terlihat wahana Bianglala. untuk catatan, tidak semua wahana yang ada di sini bisa dimainkan oleh semua usia. tergantung tinggi badan. jadi untuk anak-anak, akan terasa rugi. heheheh.. 


selain Bianglala yang terdapat juga di Dufan. ada komedi putar, halilintar, ontang anting, kora-kora, bioskop 4 dimensi hingga rumah hantu. dan semua dalam ukuran diperkecil. 


Selain wahana bermain, juga terdapat panggung hiburan yang berada tepat di tengah-tengah theme park diperuntukkan apabila ada special show. seperti kedatangan saya ke Trans studio Makasar saat ini kebetulan ada pertunjukan kungfu dari china. seperti berikut. Beruntungnya saya. 



Saya dan keluarga menikmati ambience di dalam Trans Studio tidak lebih dari 3 jam. Semua wahana sudah bisa dimainkan. Tidak akan berkeringat karena full AC dan anak-anak akan lebih aman. kemungkinan untuk hilang dari jangkauan orang tua cukup kecil.






with my Leisure




Mks
Makasar, 23 Des 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar