Minggu, 29 Januari 2012

Gili..ngan ini..Meno..hok..

Salah satu bagian dari gugusan 3 gilis yang terkenal, TraMena, Gili Meno merupakan Gili yang terbesar kedua setelah Gili Trawangan. Sebuah pulau dengan jumlah penduduk terbanyak kedua juga setelah Gili Trawangan. Namun yang menjadi pembeda antara Gili Meno dibandingkan Gili Trawangan maupun Gili Air adalah di Gili Meno terdapat danau yang berada di tengah-tengah pulau. 

Untuk penginapan juga tersedia di Gili Meno. namun tetap, kedua terbanyak setelah Gili Trawangan. bagi Aku pencinta akan keindahan alam, perbedaan itu menjadi sesuatu yang menyenangkan. tetapi adanya peraturan tidak tertulis dalam 3 gili ini adalah tidak diperkenankan kendaraan bermotor berada di pulau itu. dan itulah yang menjadi persamaan dari 3 gili ini selain spot bawah lautnya yang sama-sama indah. Sehingga akses transportasi hanya sepeda atau cidomo. Cidomo merupakan angkutan tradisional di Lombok. Hampir mirip dengan andong karena dibantu oleh tenaga kuda sebagai penggeraknya. 


Setelah Aku puas berkeliling Gili Trawangan, Aku melanjutkan ke Gili Meno. walau hanya untuk snorkling. Mendapatkan perahu sewaan yang murah bahkan gratis dengan bantuan teman yang baru kenal dan penduduk asli Gili Trawangan. great...

Gili Trawangan view from Gili Meno


DI Gili Meno, Aku bisa menyaksikan danau yang tidak terlalu luas dan berada di tengah pulau. saat itu, lagi ada pembangunan di sekitar danau. 

Gili Meno cukup sepi tapi bagi pencinta party, Gili Meno enggaaaaak....banget..

Setelah melihat danau tersebut, Aku tidak menyewa Cidomo. Keterbatasan waktu membuatku harus mengurungkan niat untuk berkeliling. jadinya, Aku hanya bersnorkling. Aku diarahkan ke spot snorkling yang bagus di Gili Meno. Pastinya oleh temanku yang penduduk asli Gili Trawangan. Ada 3 spot yang ditunjukkan, dan spot terakhir memberikan kepuasan tersendiri. Aku bisa melihat kura-kura sisik walau tidak banyak. Dengan kedalaman jangkauan mata sekitar 6m masih bisa terlihat olehku. Sayangnya Aku tidak bisa menyelam mengejar kura-kura tersebut. Awesome and Great moment...

Waktu sudah menunjukkan sore hari dan arus semakin keras, Aku bergegas meninggalkan Gili Meno dan kembali menuju Gili Trawangan. Walau sepi dibandingkan Gili Trawangan namun spot snorkling tidak kalah bagusnya. 

Gili Meno ini cukup menohok...



With Leisure, 


Mks
Gili Meno,April 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar