Minggu, 29 Januari 2012

Bluepoint not Bolpoint...

BALI -  Sepertinya tidak ada habis-habis untuk menceritakan keindahannya. Menikmati keindahan sunset di tepi pantai memang tak akan ada bosannya, apalagi disertai dengan pasir putih, tebing-tebing yang menjulang tinggi serta deburan ombaknya. Ada sebuah pantai yang masih sepi di deretan Pecatu. Pantai yang belum terlalu ramai dan dapat dicapai setelah menjenguk pantai Pantai Padang padang terlebih dahulu. Pantai BluepointPantai Bluepoint terletak di antara pantai Padang padang dan Pura UluWatu. Pantai ini dikenal dengan nama Pantai Bluepoint karena  karena sebelum memasuki kawasan pantai, kita melewati sebuah hotel cukup terkenal di kawasan tersebut, Blue Point Villas. Tapi untuk nama aslinya pantai ini adalah pantai Suluban. dan lebih dikenal dengan pantai Bluepoint daripada Suluban Beach karena lebih gampang diingat dan dilafalkan oleh wisatawan asing. Untuk lidah lokal, mana aja boleh ya, Kaka...heheh


Untuk mencapai disana, Aku harus menuruni jalan yang cukup terjal begitu dari parkiran. Trademark dari pantai di kawasan Pecatu, Bali. 

Pantai Suluban berasal dari bahasa Bali yang berarti 'berjalan atau lewat di bawah sesuatu'. karena setiap pengunjung yang ingin ke sana harus melewati batu-batu karang yang menyerupai Goa, sebelum akhirnya sampai di pantai berpasir putih yang dikanan-kirinya tebing karang yang tinggi, dengan gemuruh ombaknya, kalau ingin surfing harus ke tengah laut karena ombak yang bagus ada disana.

Untuk menuju Lokasi ke pantai ini, cukup gampang apalagi kalau anda dari pantai Padang-Padang terus saja menuju ke arah Pura Uluwatu, cari gapura Blue Point Villas, terus masuk ke jalan yang menuju ke Blue Point Villas, anda diharuskan membayar parkir sebelum masuk. Aku harus membayar Rp. 5.000 untuk kendaraan bermotor sebelum memasuki area parkir.

Untuk mencapai pantai Bluepoint, anda akan menuruni tangga bertingkat-tingkat, dikelilingi bangunan-bangunan cafe ataupun kios. Kalau hanya sekedar menikmati keindahan panorama pantai Bluepoint, ada banyak tempat yang bisa dijadikan pilihan, mulai yang hanya menyediakan softdrink, café atau bar yang berada di atas tebing. 

Sesudah sampai di pantai, anda akan menikmati keindahannya karena pantai ini dikelilingi dinding karang yang menjorok kedalam Dan setelah sampai di bawah, anda akan melewati lorong-lorong seperti gua, dan juga batu karang besar yang  bisa anda naik ke atasnya sambil melihat pemandangan. Awesome...!!!!!!!

View Menuju Pantai Bluepoint

Setelah sampai di pantai, keindahan yang disuguhkan cukup untuk membayar perjuangan menuruni anak tangga yang bertingkat-tingkat. Pantainya belum terlalu ramai, sehingga Aku lebih leluasa untuk menikmati keindahan pantai ini. Tak jarang keindahan pantai ini dijadikan sebagai lokasi pengambilan foto pre-wedding.

Mayoritas pengunjung pantai ini adalah turis asing. seperti biasa.  Maka tidak salah jika pantai Bluepoint seperti kampung bule..heheh

Sama seperti di semua pantai di pulau Bali, di Pantai ini juga bisa menemukan jasa tukang pijat yang berada disekitar pantai. Tingginya batu karang yang mengelilingi pantai dan cekungan-cekungan yang menjorok ke dalam, membuat pantai ini semakin memikat dilihat dari sudut mana pun.


View Batu Karang Pantai Bluepoint


Menurut informasi yang Aku dengar,  jika air laut sedang surut, di pantai Bluepoint bisa temukan sebuah cekungan seperti kolam renang, dimana banyak anak-anak setempat suka berenang disini. Dan sayangnya Aku tidak melihatnya. 


Pose Sejenak di atas pinggir Karang Pantai Bluepoint

Tak jauh beda dari pantai-pantai lain yang berada di Pulau Bali, ombak di pantai ini juga cukup menantang bagi para peselancar. Namun untuk mendapatkan ombak yang cukup bagus, para peselancar harus berenang dengan papan selancarnya menuju ke tengah. selain menghindari batu karang di pinggir pantainya dan juga harus berjuang melawan ombak yang tidak beraturan di tepi pantai. Tentunya dengan menuju ke tengah untuk mendapatkan ombak yang cukup tinggi. dan ini hanya bisa dilakukan hanya untuk peselancar yang sudah profesional karena tingkat kesulitan pantai Bluepoint yang cukup tinggi dan bisa membahayakan. 

Silahkan datang dan nikmati suasana eksotisnya pantai Bluepoint. Pantai yang dikenalkan oleh guide-ku, Beli Gusde, untuk kesini pertama kalinya. Saat mengetahui nama Bali dari pantai Bluepoint ini adalah Pantai Suluban, Aku tidak percaya. Sebelumnya via akun twitter @escape_ID menampilkan foto sebuah pantai. Pantai Suluban. Aku ingin mengunjungi pantai ini, karena di foto tersebut sangat terlihat ,mengesankan. Itu sebuah tempat yang sama, tapi dengan nama yang berbeda. Lebih konyol lagi Aku baru mengetahuinya 9 bulan setelah Aku ke pantai Bluepoint. hahaha... Ironis ya..tapi tidak menjadi sebuah permasalahan serius kan...? heheheh....





With Leisure, 




MKS
Pantai Bluepoint/Suluban, Maret 2011



Tidak ada komentar:

Posting Komentar