Minggu, 08 Januari 2012

Pantai Losari..Icon Makasar

Losari. Sebuah nama pantai yang terletak di jantung kota Makasar. Ibukota dari sulawesi selatan. sebuah pantai yang berhasil ditata dengan baik oleh pemerintah daerah dengan melakukan reklamasi dan penataan pinggir pantai  agar terlihat lebih rapi. batu-batu penahan abrasi sudah berdiri siap untuk menghadapi gelombang laut agar tidak sampai ke jalan. 


Di seluruh Indonesia, hanya ada satu pantai yang dapat menyaksikan sunrise dan sunset di satu titik berdiri yang sama dan pantai itu adalah Pantai Losari. sebuah icon dari kota Makasar saat ini. Barisan huruf yang berada di atas pinggiran reklamasi cukup menegaskan 'INI MAKASAR bung'. and you're in Pantai Losari. 



Berhubung dua kali , 24 Desember 2011, mengunjungi pantai Losari ini saat malam hari, jadi tidak terlalu terlihat sisi 'kebenaran'nya tadi. ya, aku tidak bisa melihat sunset ataupun sunrise..hehehe.. dan tidak bisa mamastikan apakah pantai ini benar-benar bagus dalam hal kebersihan dan keindahannya dengan melihatnya saat terang dengan mata telanjang. 


tetapi dua kali datang ke pantai ini, sampah terlihat di pinggir lautnya. dan banyaknya botol-botol ataupun sampah plastik di pojokan pantai reklamasi ini. Tidak terlihatnya tempat sampah mungkin yang menjadikan masyarakat Makasar yang datang ke pantai Losari ini membuang sampah dengan sembarangan. sungguh sayang. 


hiburan yang bisa dinikmati di pantai Losari adalah adanya perahu bebek yang mengajak 'jalan' penumpang dengan berputar sejauh 100 m (kira-kira) sambil mendengarkan lagu. benar adanya jika masyarakat Makasar ini suka 'show off' dengan apa yang dimilikinya. buktinya, semua benda harus terlihat ok termasuk perahu bebek yang full musik dengan stereo-nya. cukup dengan membayar Rp.5,000/orang (tahun 2010) sudah bisa menikmati angin malam sambil berputar di pinggiran pantai plus musik yang cukup kencang. Stereo bow.


Setelah menikmati hiburan 'perahu bebek', tidak ada salahnya menikmati angin di pinggir laut sambil duduk di bangku batu yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah di pantai Losari. Melihat bangunan di seberang pantai yang merupakan peninggalan belanda. Kini bangunan tersebut  dijadikan rumah sakit Stella Maris. rumah sakit yang menghadap pantai. Nice hospital. so exclusive .


benar kata orang-orang yang pernah ke Pantai Losari. banyaknya pengamen yang berganti-gantian menjajakan suaranya dengan sedikit memaksa.  Pengamen ini tidak bisa melihat pengunjung duduk sebentar menikmati malam. ada yang bersuarakan indah, ada juga yang ala kadarnya. 


Kunjungan keduaku cukup terpuaskan. selain bersama seluruh keluargaku juga cuaca yang telah bersahabat. hujan telah reda. 


Sekitar 45 menitan, aku dan keluargaku cek point di pantai Losari. sekedar untuk mengenalkan ke mereka yang belum pernah ke sini dan menunggu waktu untuk makan malam. Terasa sudah perut tidak bisa tertahankan. aku dan keluargaku langsung pergi meninggalkan Pantai Losari dan menuju rumah makan seafood di dekat situ. yummy.....


Pantai Losari...Icon Makasar


Makasar, 24 Desember 2011.
MKS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar