Rabu, 03 Juli 2013

Pulau Weh Hanya Pantai kah ...?

" The Best Part of Travelling is Found "



Ketika berada di sebuah tempat yang baru pertama kali dikunjungi, hal pertama yang ingin dilakukan adalah menemukan tempat yang seru dan pastinya pertama kali dilihat juga. Kalau sudah ke sebuah tempat yang bernama 'Pulau', pasti gak akan jauh dari yang namanya pantai. Sebagai pulau dengan embel-embel paling barat di Indonesia, Weh memiliki keeksotisan yang sulit ditandingi dengan wilayah lainnya di bagian barat Indonesia. Apakah semua yang bisa dilihat di pulau Weh hanya berupa pantai kah ..?

1. Pantai Gapang. 

Pantai berpasir putih tapi tidak sehalus pasir putih di Iboih atau Sumur tiga, pantai Gapang bisa menjadi alternatif tempat liburan Anda. Lokasi pantai Gapang tidak terlalu jauh dari Iboih sehingga bisa menjadi titik pemberhentian Anda sebelum ataupun sesudah dari Iboih. Apabila Anda ingin berencana menginap di pantai Gapang, disini juga tersedia penginapan dengan harga yang bisa disesuaikan dengan budget Anda. Namun yang pasti, pantai Gapang lebih sepi dibandingkan Iboih. 


2. Air Terjun Pria Laot


Jangan Anda membayangkan jika air terjun di pulau Weh sama seperti di pulau Jawa ataupun wilayah lainnya. Tinggi dan berair deras. Air terjun di pulau Weh hanya seperti aliran air yang keluar dari mata air. Tapi untuk bisa menuju 'ujung' air terjun ini, Anda harus berjalan melintasi jalan yang sudah tersedia dengan cukup baik serta melompati batu-batuan. Pertama kali saya mendengarkan ada air terjun di pulau Weh, tidak percaya. dan saya membuktikan ketidak percayaan itu dengan melihat dengan sendiri air 'terjun' pria laot. 


3. Pulau Klah view.


Pulau yang tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan Rubiah ataupun Rondo, namun bisa menjadi alternatif liburan anda di pulau Weh. 



4. Pantai Sumur Tiga 

Tidak akan ada yang pernah meragukan jika pantai Sumur tiga merupakan salah satu pantai terbaik di pulau Weh. Berpasir putih halus serta berair tenang. cocok bagi Anda yang ingin menikmati liburan dan bermain air bersama keluarga. dijamin amana. 


6. Danau Aneuk Laot

Danau yang cukup besar di pulau Weh merupakan sumber air tawar bagi penduduk lokal sekaligus PLTA bagi seluruh pulau. Anda bisa menikmati pemandangan danau ini dari dalam kendaraan, karena jalannya meliuk di salah satu sisi danau dan tidak ada (belum ada) akses umum menuju pinggir danaunya kecuali melewati rumah penduduk. 

7. Tugu Nol KM

Anda dapat menikmati sunset di Tugu Nol sembari mengabadikan nama anda dalam sebuah sertifikat sebagai penanda bahwa Anda merupakan pengunjung tugu nol KM yang kesekian. 
7. Benteng Jepang

Tidak pernah membayangkan bahwa ada sisa-sisa peninggalan Jepang di pulau Weh. Benteng Jepang ini merupakan sisa-sisa peninggalan. Sebuah benteng yang berada di atas batu karang dengan pemandangan laut lepas. Keren. Anda seperti berada di Uluwatu Bali. 




8. Pantai Iboih 

Salah satu pantai yang cukup populer di kalangan traveller luar. 

9. Tugu kembar Sabang-Merauke

Lagu yang sangat populer ketika saya kecil hingga saat ini yang mengidentikan dua kota yang bersaudaraan dalam menjalin persatuan Tanah Air Indonesia, Sabang dan Merauke. Apabila Anda sudak ke Sabang, kurang afdol jika belum dilengkapi dengan mengunjungi Merauke. Saya akan lakukan itu (nanti. 










10. Gunung Api Jaboi. 

biar menjadi sebuah kebanggan jika sebuah wilayah memiliki semuanya. Laut, air terjun hingga gunung. Pulau Weh juga punya. Jaboi. sebenarnya bukan gunung namun hanya berupa gundukan batu yang masih aktif dengan sulfur. bisa menjadi referensi Anda juga. namun catatan dari saya jika ingin ke gunung Api Jaboi. perhatikan dengan seksama petunjuk arahnya. 


11. Sate Gurita

Kuliner adalah hal yang wajib Anda lakukan ketika berada di sebuah wilayah yang baru pertama kali Anda datangi. Sate Gurita. Kuliner khas pulau Weh yang dijual setelah Ashar hingga malam. Sayangnya saya tidak berkesempatan mencicipinya. Someday

Nah...Anda tertarik mengunjungi pulau Kecil ini..? Anda ingin menemukan tempat baru tersebut.. ?. 

Have a great travelling and create your own journey.



With Leisure,


MKS
28 April 2013

1 komentar:

  1. Enaknya jalan2 di Weh, tempat wisatanya komplit dan lokasinya berdekatan.
    eh foto2 pulau Seulako mana? katanya diving disitu

    BalasHapus