Sabtu, 20 Juli 2013

Cerita dari Bitung ; Tarsius dan Alien Under Water

The real voyage of discovery consists not in seeking new landscapes but in having new eyes.” 
Marcel Proust – 


Port of Bitung

Perjalanan saya kali ini akan diakhiri di sebuah kota pelabuhan di Sulawesi Utara. Bitung. Sama seperti kota-kota yang memiliki pelabuhan kapal, Bitung menjadi akses masuk dan keluar dari dan ke Sulawesi Utara. Tapi tahukah Anda akan kota Bitung ?. 

Banyak dari Anda tidak mengetahui Bitung, mungkin akan beranggapan kalau Bitung itu sama seperti Belitung. Mengapa saya memilih Bitung dalam perjalanan saya ?. hal ini dikarenakan tujuan saya selanjutnya harus menggunakan moda transportasi kapal laut  dan melalui kota Bitung untuk bisa menuju kota selanjutnya. 

Tapi apa yang bisa dilihat di Bitung yah..?. I will tell you..

Kota Bitung terletak di timur laut Tanah Minahasa. Wilayah Kota Bitung terdiri dari wilayah daratan yang berada di kaki gunung Duasudara dan sebuah pulau yang bernama Lembeh. Tangkoko dan Lembeh lah yang menjadi primadona di wilayah ini. 

Namun, sebelum menikmati Lembeh ada baiknya Anda mengunjungi Tangkoko-Batuangas Dua Saudara Nature Reserve terlebih dahulu. 

Tarsius. taken from : alamendah.org
Sebagai salah satu cagar alam yang paling mengesankan dan dapat diakses di Indonesia menurut LonelyPlanet, Tangkoko-Dua Saudara Batuangas Nature Reserve memiliki 8800 hektar padang rumput terbuka ditutupi dengan berbagai macam tanaman. Terletak di lereng gunung "Dua Saudara", daerah ini terdiri dari bukit-bukit hijau dan lembah yang mengesankan dengan pemandangan luar biasa indah dari keindahan alam dan rumah kera hitam, kuskus, burung maleo, hornsbill merah knobbed dan tarsius. Tarsius dianggap sebagai monyet terkecil di dunia dengan ciri-ciri bermata besar, dan perutnya buncit. Namun sayangnya, populasi endemik asli ini semakin menyusut. Selain itu, spesies populer lainnya satwa liar untuk melihat termasuk kera dan burung enggang merah, serta fauna lainnya dan hutan hujan flora langka.

Apabila Anda ingin menikmati keindahan hutan yang alamin, sebaiknya dengan operator tur lokal untuk memastikan perjalanan Anda yang aman dan untuk mengambil keuntungan dari pemandu yang berpengalaman yang dapat membantu dalam menjaga dari satwa liar. Anda bisa menikmati trekking sambil mengamati kehidupan burung-burng liar juga. Ketika itu, saya mendapatkan salah satu nomor kontak person ranger dari pekerja di resort yang ada di Bunaken, setidaknya mendapatkan kemudahan. 

Selesai berpuas di Tangkoko, saya melanjutkan perjalanan saya ke kota Bitung. tepatnya di Lembeh. Selat lembeh adalah perairan sempit (selat) yang memisahkan daratan utama pulau sulawesi dengan pulau lembeh. Kota bitung terletak di salah satu sisi selat ini. Selat ini dikenal memiliki kekayaan keanekaragaman hayati laut yang sangat tinggi dan menjadi salah satu objek wisata selam utama di Sulawesi Utara bahkan di Indonesia. Sebuah tujuan yang pas sebelum meninggalkan Sulawesi Utara.


Source : fotografer.net

Source : valadoo
Di Lembeh, Anda akan menikmati sebuah muck dive yang mampu membuat jatuh cinta para penyelam karena akan menemukan hewan-hewan bawah laut layaknya alien. Alien under water. Aneh memang, namun hanya di Lembeh-lah Anda dapat menyaksikan ini. Tidak salah jika semakin banyak penyelam yang ingin mengabadikan foto bawah lautnya terutama foto makro di Lembeh. Karena saya tidak mempunyai gear kamera bawah laut, ya mau gimana lagi. 

Apabila Anda yang ingin menikmati bawah laut berupa kecantikan koral dan ikan, Bunaken menjadi pilihan Anda. Namun jika Anda yang penasaran dengan dunia bawah laut yang berbeda dengan yang lain di sini tempatnya Lembeh. Selain itu, untuk bisa menikmati diving di Lembeh, Anda harus memiliki jam diving yang cukup mumpuni. Selain harus memiliki bouyancy yang bagus, Anda juga harus menyelam dengan tenang dan tidak terburu-buru. Karena itu dinamakan muck dive. Isinya kebanyakan sampah dan pasir hitam, kalau di menyelamnya semraut, Anda tidak akan menemukan hewan alien tersebut. Yang ada hanyalah, Anda akan mengubek-ubek pasir dan got nothing

Trekking dan diving adalah kegiatan yang dapat Anda lakukan di Bitung. Semuanya dapat menambah pengalaman 'wah' Anda. Anda tertarik dengan cerita perjalanan seperti ini ?. Masih kurang?. Silahkan ke Sulawesi Utara. 


Have a great travelling and create your own journey.



With Leisure,


MKS
Tangkoko-Lembeh, 28 May2013





Tidak ada komentar:

Posting Komentar