Sabtu, 20 Juli 2013

10 Things To Do in North Sulawesi



A traveller without observation is a bird without wings.” 
Moslih Eddin Saadi



Manado Tua

Bagi Anda yang ingin liburan dan meng-eksplore salah satu propinsi di Indonesia yakni Sulawesi Utara, tidak ada salahnya jika Anda mencari dan menggali lebih banyak tempat-tempat yang layak untuk Anda kunjungi serta didukung dengan waktu liburan Anda. 

Namun, kira-kira tempat apa saja yang layak untuk dikunjungi di Sulawesi Utara yah..?. Apa yah..? Kasih tahu gak ya...

Bagi Anda yang traveller sejati, rasanya tidak cukup hanya mengunjungi ibukotanya saja tanpa meng-eksplore kota-kota lainnya yang juga memiliki keindahan yang tidak kalah 'wow. Di Sulawesi Utara, tempat atau kota yang layak dalam daftar tujuan Anda antara lain : 

1. Manado. 

Sebagai ibukota propinsi, Manado memiliki keindahan kota yang seru untuk diekplore. Boulevard dan bukit kasih. Bagi Anda pecinta kehidupan malam, mengelilingi pusat kota Manado layak untuk dilakukan. Selain itu, trademark 'B" harus Anda lakukan. 

2. Tomohon. 

Pasar Tomohon
Ibarat sebuah kota puncak di Sulawesi Utara, Tomohon dapat menjadi tujuan Anda. terutama yang berbau estrimisme. Keindahan asli dari sebuah kehidupan masyarakat lokal akan membuat Anda terkesima bahwa kehidupan itu ada di Sulawesi Utara. 

3. Bunaken.

Didaulat sebagai salah satu biosfer hayati bawah laut yang beragam di Indonesia, Bunaken dapat memberikan decak kagum Anda semakin bertambah tentang Indonesia. Bahkan Bunakan, menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan asing. Mengapa orang Indonesia nya tidak?. Bunaken is a must. 

4. Kuil Ban Hin Kiong

Walaupun masyarakat Sulawesi Utara didominasi beragama nasrani, namun kehadiran Kuil Ban Hin Kiong menjadi sebuah keindahan tersendiri. Bahwa keragaman beragama ada di sini dan masih terjaga hingga saat ini. 

5. Danau Linow dan Tondano. 

Menikmati alam di Sulawesi Utara tidak hanya sebatas pantai dan laut. Kehadiran danau linow dan Tondano dapat menjadi opsi tersendiri bagi Anda yang merupakan pecinta air namun bernuansa dingin. Lokasi danau Linow dan Tondano yang berada di dataran tinggi menjadikan liburan Anda dapat menikmati air sekaligus tidak berpanas-panasan. 

6. Sangihe-talaud

Sebagai kepulauan di utara propinsi Sulawesi Utara, Sangihe-Talaud menjadi tujuan tersendiri apabila Anda ingin menjejakkan kaki di pulau paling utara di Indonesia. Miangas. Bahkan pulau ini lebih dekat dengan negara filipina dibanding ibukota propinsinya sendiri. 

7.  Lembeh.

Bagi Anda pecinta bawah laut yang ingin menyaksikan kehidupan bawah laut yang tidak 'biasa', sebaiknya Lembeh menjadi tujuan Anda. Anda akan semakin kagum ketika sudah turun dan menyelami surga bawah laut ala muck dive itu. 

8. Tarsius.

Tarsius
Monyet paling kecil di dunia yang nyatanya 'unyu-unyu' dapat menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang menyukai adventure hutan. Melakukan trekking di hutan sambil mengamati kehidupan satwa liar sambil menemukan si monyet 'unyu-unyu' tersebut. 

9. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone 

Selain memiliki TN Bunaken, Sulawesi utara memiliki Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Disini Anda akan menyaksikan berbagai keunikan ekologi sebagai bagian dari kawasan peralihan geografi daerah Indomalayan di sebelah Barat dan Papua-Australia di sebelah Timur (Wallaceae Area). Endemik seperti anoa, burung taon, kuskus, babi, rusa, dan burung Maleo, kera berkepala hitam, kelelawar raksasa pemakan buah, burung enggang, bahkan tarsius ada di TN Bogani Nani Wartabone.

10. Kulineran.

Rasanya tidak komplit jika mengunjungi Sulawesi Utara tapi tidak menikmati makanan khasnya. Bubur Tinutuan atau bubur Manado dan masakan ala 'rica-rica' menjadi trademark tersendiri dan wajib untuk Anda coba. Pedas namun menggugah selera sangat wajib hukumnya. 


Ada banyak hal yang masih dapat ditemukan di Sulawesi Utara, namun rasanya Anda belum sah ke propinsi ini kalau belum meng-eksplore 10 hal diatas. Tidak ada salahnya jika untuk bisa ekploring namun Anda melakukan observasi terlebih dahulu. Tertarik ? 

Have a great travelling and create your own journey.



With Leisure,


MKS
Manado, 24-28 May2013
 


1 komentar:

  1. kangen banget balik ke manado lagi abis baca posting ini, tapi aduhh tiket pesawatnya sekarang mahaal bangettt hiks ;(

    BalasHapus