Kamis, 11 Juli 2013

Pasar Uji Nyali itu bernama Tomohon


" Don't Dream Your Life, Travel your Dreams "





Hewan yang diperjualbelikan
Jika banyak orang beranggapan bahwa kota Bangkok menyediakan sesuatu pemandangan yang begitu 'spektakuler' hingga ektrim dan melebihi nalar manusia, namun Anda tidak perlu khawatir apabila ingin menyaksikan hal tersebut di Indonesia.

Di sini di Sulawesi Utara. Minahasa. 





Sebagai negara yang memiliki beragam budaya, Indonesia menyajikan sesuatu yang mungkin bisa mengundang kaget banyak orang. Ikon propinsi Sulawesi Utara yang sudah terkenal seperti Patung Yesus Raja di kota Manado, Bunaken, hingga Lembeh sudah akrab di telinga Anda, namun pernahkan terdengar oleh Anda tentang Tomohon?. Tepatnya di kota Tomohon kabupaten Minahasa propinsi Sulawesi Utara, terdapat sebuah tujuan wisata yang mengundang rasa penasaran banyak wisatawan baik domestik maupun luar negeri. 

Paniki
Terlahir sebagai salah satu pemekaran kota di provinsi Sulawesi Utara, dan merupakan kota pemekaran yang tahun 2003 dalam perkembangannya menjadi salah satu ikon kota pariwisata di propinsi Sulawesi Utara. Kota bunga di Sulawesi merupakan salah satu sebutan untuk kota ini yang memiliki kontour dataran tinggi sehingga beriklim sejuk. Sehingga tidak mengherankan jika Tomohon mirip dengan Bandung dalam aspek iklimnya.
Selain itu, kota Tomohon menjadi kota transit banyak wisatawan yang ingin dari dan menuju ibukota propinsi Sulawesi Utara, Manado. Tomohon mampu menghipnotis wisatawan terutama wisatawan asing untuk singgah di kota ini dan salah satu yang dicari dari banyak wisatawan adalah sebuah pasar lokalnya. Pasar uji Nyali.


Pasar lokal di Tomohon merupakan salah satu pasar yang menyajikan barang dagangan yang dalam kategorinya 'ektrim'. Pasar lokal di Tomohon akan ramai di kala wiken. Disini Anda dapat melihat semua hewan berkaki empat hingga melata dijual dengan bebas. Babi, celeng, anjing, (maaf), Paniki (kelelawar), tikus hingga ular disajikan di pasar ini. Bahkan tidak mustahil, Anda juga dapat menyaksikan aksi 'pembunuhan' secara langsung hewan-hewan tersebut saat itu juga. Memang cukup sadis, namun pasar ini sudah ada sejak lama. Itulah sebuah realita.


Apabila Anda memiliki penyakit mudah mual, sebaiknya abaikan saja kota Tomohon sebagai tujuan Anda meng-ekplore Sulawesi Utara. Saya dapat menjamin, bahwa Anda tidak akan makan sepanjang hari. Namun, apabila Anda tertarik dan penasaran dan ingin menguji nyali Anda dengan pasar ekstrim ini, tidak ada salahnya untuk sekedar tahu.


Tertarik ?. Silahkan melakukan perjalanan Anda.

With leisure,

@mungkasmks
Minahasa 24 May 2013

2 komentar:

  1. Wah ternyata cerita tentang dagangan 'sangar' di daerah Manado bener ya... bener-bener pasar yang cocok buat uji nyali, bikin orang gak doyan makan 3 hari 3 malam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada guyonan.. semua yang berkaki jangan harap 'safe' di manado. cuma kaki meja aja yang gak dimakan..hehehe..

      mas bakhtiar mau mencoba ? :D

      Hapus