Minggu, 15 April 2012

Danau Poso..Poso


Apabila Anda ditanya oleh anak, adik atau keponakan yang masih duduk di bangku sekolah mengenai danau terbesar ketiga di Indonesia, kira-kira Anda tahu tidak jawabannya. "hmm...Apa yah..?". Belum juga menemukan jawaban pertama, Anda sudah dihadapkan dengan pertanyaan berikutnya. "Danaunya ada dimana ya...?". Well, saya yakin Anda semua orang-orang pintar dan sudah lulus dengan nilai terbaik saat duduk di bangku sekolah. Jadi, jangan sampai mengecewakan pertanyaan simpel tadi yang bisa berakibat buruk jika Anda tidak mampu menjawabnya. Jika, Anda benar-benar tidak mengetahuinya, saya akan membagikannya kepada Anda.



Jawaban untuk danau terbesar ketiga di Indonesia adalah danau Poso. Sebuah danau yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Poso. Dengan luas 32.320 ha serta rentang panjangnya sekitar 32 km dan lebar 16 km. Untuk kedalamannya sekitar 360 m di bagian selatan, dan 510 m di bagian utara. Danau Poso membentang ke utara hingga di bagian tengah Kecamatan Pamona Utara, Tentena di bagian utara, atau 56 km dari Poso. Sedangkan bagian selatan berada di Pamona Selatan menuju ke Pendolo. Danau Poso merupakan danau yang terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh gunung serta memiliki air yang jernih sepanjang masa. Danau ini terletak pada ketinggian 657 m. Hal inilah yang menjadi sebuah pemandangan yang menarik dari danau Poso. Kondisi iklim yang dingin sehingga membuatnya sebagai pusat pengembangan wisata di Sulawesi Tengah. Dan hasil khusus dari danau Poso adalah ikan Sogili (belut) dan ikan mas. 


Akses menuju danau Poso cukup terjangkau dan mudah. Apabila Anda berada di Palu, dapat melintasi jalur darat melewati jalan Trans Sulawesi hingga ke kabupaten Poso dan mengarahkan ke kecamatan Pamona. Waktu tempuh dari Palu menuju danau Poso ini berkisar 8 jam. 

Ada pasang tinggi terjadi April hingga Juni dan pasang surut Juli hingga Desember. Ketika pasang, ¾ danau tersebut ditutupi oleh pasir putih pada pantainya. Bagus bukan ?. Tidak mengherankan jika setiap tahunnya, pemerintah daerah kabupaten Poso mengadakan Festival Poso di danau ini.  Festival ini layak menjadi tujuan Anda jika ingin jalan-jalan ke Sulawesi Tengah.  

Salam jalan-jalan. Selamat menikmati sebuah perjalanan. 





With Leisure



MKS
Danau Poso, Tentena 06 April 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar