Kamis, 28 Juni 2012

Pulau Nan Imut ... Umang-Umang


Krakatau - Apabila Anda melakukan sebuah perjalanan hingga ke kawasan wisata Krakatau, dipastikan Anda akan ditepikan ke sebuah pulau nan imut namun kecantikan melebihi dari imut-imut. Sebuah pulau yang tidak jauh dari pulau Sebesi bahkan hanya selemparan batu saja. Pulau yang akan membuat Anda berdecak kagum dan seketika juga membingungkan Anda, apakah Anda masih berada di kawasan wisata Krakatau atau sudah berada di Belitong. Sebuah pulau tak berpenghuni dan hanya didiami oleh bongkahan-bongkahan batu besar saja. Pulau Umang-Umang



Apabila Anda sudah pernah berada di Belitong atau hanya berdasarkan cerita maupun liputan di televisi maka kesan pertama yang akan Anda utarakan sesaat setelah Anda turun dari kapal Anda adalah   adalah pantai di Belitong. Pasti. Karena saya demikian. Sebuah pulau kecil di antara pulau Sebuku dan pulau Sebesi di provinsi Lampung dengan luas yang tidak lebih dari ukuran sebuah lapangan bola di stadion utama Gelora Bung Karno (GBK). Pulau dengan pantai yang berpasir putih dengan tekstrur yang mirip biji lada. Tidak halus namun juga tidak terlalu kasar. Bahkan air yang berada di bibir laut memberikan sebuah gradasi warna yang sangat indah -Hijau toska hingga kebiru-biruan. Bening serta jauh dari sampah. Keindahan serta kebersihan pantai di pulau Umang-Umang menghipnotis Anda untuk menceburkan diri untuk berenang layaknya seorang anak kecil. Namun perlu untuk berhati-hati dengan kondisi batuan di pulau Umang-Umang yang cukup licin. Kondisi batuan yang cukup tajam dapat membahayakan Anda apabila tergelincir saat berpindah dari satu batu ke batu yang lain. 

Pulau Umang-Umang ini tidak berpenghuni sehingga kelestariannya dapat terjaga dengan alami oleh alam. Hanya didiami oleh batu-batuan yang cukup besar dan pohon-pohon yang tumbuh di atas batuan. Dari pulau Umang-Umang Anda dapat berkesempatan juga untuk melihat bukit dan katanya tertinggi di pulau Sebesi dengan ketinggian yaang mencapai 884 meter dari permukaan laut dengan bentuk kerucut yang mempunyai tiga puncak. 




Mengelilingi pulau Umang-Umang tidak memerlukan waktu yang lama. Sekitar 30 menit cukup. Banyak spot untuk foto yang dapat Anda ambil untuk Anda bawa pulang dari pulau ini. Bahkan apabila Anda menikmati matahari terbenam (sunset) dari pulau ini seperti mendapatkan keuntungan ganda. Foto dan suasana. 



Apakah Anda ingin merasakan keuntungan ganda dari sebuah pulau imut-imut di selat Sunda?. Silahkan putar haluan Anda untuk berjalan-jalan ke pulau Umang-Umang walaupun hanya sebentar saja sebelum menuju 'rumah' Ibu dan Anak Krakatau. 



Selamat Jalan-jalan dan selamat melakukan perjalanan.


With Leisure, 

MKS
Pulau Umang-Umang, 16 Juni 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar