Sabtu, 28 Juli 2012

Sensasi Menyusuri Kebun Teh


Jawa Barat terkenal sebagai salah satu daerah perkebunan di Indonesia. Hal ini didukung karena kondisi alamnya yang berciri khas udara yang sejuk dan berada di ketinggian diatas 1500mdpl. Salah satunya adalah perkebunan teh di Gunung Mas, Puncak, Bogor. Meskipun sering kali, warga maupun luar Bogor seperti Jakarta menyambangi kawasan ini hanya sarana pelepas stress dengan tujuan Taman Safari Indonesia, Taman Matahari, Cimory namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba sesuatu yang berbeda. Tea Walk atau Tea Bike. Anda akan menikmati sensasi tersendiri ibarat adegan di film India, berjalan-berlari-bersepeda menyusuri hamparan tanaman teh. Hamparan tanaman teh ini termasuk dalam kawasan PTPN VIII kebun : Gunung Mas. Tidak salah jika selemparan mata Anda akan disajikan sebuah suasana asri khas perkebunan teh, pohon-pohon teh hijau dan ditemani oleh aktifitas wanita-wanita pemetik daun teh.



Untuk saat ini, saya akan membimbing Anda menikmati serunya udara puncak bogor dengan Tea bike. Bersepeda menyusuri kebun teh. Trek bersepeda ini dikenal dengan Rindu Alam (RA). Sebuah trek downhill dan bertepatan tidak jauh dari sebuah restoran bernama 'Rindu Alam' di kawasan puncak Bogor. Melintasi trek ini saya tidak sendirian, saya ditemani dengan partner in crime sepeda saya, Om Obed, serta Jo. Wanita cantik penyuka olahraga ekstrem. Ini pengalaman melintasi trek down hill pertama saya namun tidak dengan kedua teman saya.  Untuk bisa menikmati trek ini, Anda harus membayar Rp.10,000 sebagai biaya perawatan dan pemeliharaan trek. Lumayan murah demi keberlangsungan trek ini. Sensasi bersepeda Anda akan dimulai dari sebuah titik awal yang berada di warung Mang Ade, puncak. Begitu Anda melewati start awal, Anda akan menghadapi sebuah trek yang tanah berbatu. Sedikit licin, kemungkinan malamnya hujan. Tapi ini menjadi sebuah sensasi bersepeda tersendiri. Sensasi adrenalin. 

Menikmati trek bersepeda Rindu Alam serasa membawa Anda benar-benar berada di alam. Anda akan melintasi pohon-pohon yang membentuk kanopi sehingga cahaya matahari menutupi jalan dan hanya satu dua cahaya yang mampu menembus rerimbunan. Suasana yang kembali ke alam juga akan Anda dengar dengan aliran air yang jernih akan membuat Anda ingin mandi. Air bersih dan dingin serta menyegarkan. Namun Anda jangan terbuai dengan desiran air jernih tadi, karena teledor sedikit, Anda akan bersepeda melintasi jurang dan ujungnya yang tidak telihat jelas oleh mata. Di sebelah kiri trek, Anda akan mendengarkan aliran air dan di sebelah kanan trek, Anda akan mendengarkan nyanyian alam dari jurang. Oleh karena itu, trek Rindu Alam mengisyaratkan Anda bahwa bermain dengan Alam akan menyegarkan pikiran Anda namun dapat berbalik jika Anda tidak bisa menjaganya. 


Trek tanah berbatu ini akan membuat Anda jatuh bangun layaknya lagu Abang Meggy Z, karena membutuhkan sebuah kemampuan dan kehati-hatian. Bahkan saya sudah 2 kali terjatuh hanya untuk menghindari trek yang curam menurun. Lutut kebaret [istilahnya] namun bukannya sakit namun senang karena bukan cuma saya sendiri yang mengalaminya. Teman saya juga. Bersepeda down hill namun fun. 

Setelah merasakan Serunya meningkatkan adrenalin Anda dengan melintasi trek tanah berbatu Rindu Alam, kemudian Anda seolah-olah akan muncul di sebuah alam lain yang indah. Sepanjang mata memandang, Anda akan melihat hamparan tanaman hijau yang di dominasi oleh tanaman teh. Udara terasa sejuk dengan hembusan angin yang menyentuh hingga ke tulang. Sebuah pemandangan yang tidak bisa Anda dapatkan di sebuah kota besar seperti Jakarta. Memang tidak dinyana jika kawasan Puncak seperti sebuah tempat pelampiasan orang-orang Jakarta hanya sekedar untuk menghirup udara segar. Jauh dari sebuah kata bernama, Polusi. 


Berada di hamparan kebun teh serasa membawa Anda layaknya sebuah surga. Berada di permadani hijau diatas langit. Awesome

Sepanjang trek di hamparan tanaman teh, Anda akan melihat aktifitas wanita-wanita pemetik daun teh. Hal ini menambah keindahan sepanjang perjalanan bersepeda Anda. Dengan mengikuti trek yang landai dan bersahabat, Anda akan dibimbing hingga menuju pintu masuk PTPN VIII kebun Gunung mas. 


Menikmati sensasi menyusuri kebun teh dengan nuansa yang berbeda, tidak ada salah jika Anda lakukan dengan bersepeda. Tertarik?. 


Selamat jalan-jalan dan selamat melakukan Perjalanan. 






With Leisure, 


MKS
Puncak, Bogor 21 Jul 2012


2 komentar:

  1. jadi inget dulu pernah ke kebun teh dan melihat langsung proses pembuatan teh. Aroma teh dari pucuk khas banget...

    BalasHapus
  2. pasti menyenangkan yah... Sejuk dan indah dilihat sesaat di kebun teh..


    terimakasih sudah singgah

    -MKS-

    BalasHapus